Social Icons

Pages

Friday, May 3, 2013

Ala Bisa Karena Berani Mencoba

The Apple Team
“Twenty years from now, you will be more disappointed by the thing that you don’t do than by the ones you did do. So throw off the bowlines, sail away from the safe harbour and catch the winds in your sails, explore! dream! discover!” ~ Mark Twain
Kalo ditanya, sejak kapan suka traveling? Jujur gue pasti gak bisa jawab. Yup, gue gak tau mulai kapan persisnya suka traveling, tapi menjadikan traveling sebagai sebuah hobi yang rajin gue geluti? Let’s say mungkin sekitar akhir tahun 2008 atau awal tahun 2009 kali yah..
Sejak kecil, gue emang udah suka traveling. Sama seperti sebagian besar orang, gue yakin waktu kecil semua pasti suka traveling. Inget pas jaman masih sekolah dulu? Apa coba yang paling ditunggu2 kalo bukan liburan akhir semester atau kenaikan kelas, iya kan? Bisa jalan2 bareng keluarga, keluar kota atau mungkin hanya sekedar keliling Jakarta. Gue bahkan masih inget, waktu tinggal di daerah Galur, Cempaka Putih dulu, gue punya satu kebiasaan ‘unik’ yang tiap sore pasti gue lakukin, yaitu pergi ke Stasiun Senen! Waktu kecil gue emang seneng banget sama yang namanya kereta api, bahkan bisa dibilang terobsesi sama segala hal yang berhubungan dengan kereta api. Nah, karena dulu rumah gue juga deket sama stasiun kereta api, makanya tiap sore gue paling sering tuh ‘nongkrong’ di Stasiun Senen cuma buat ngeliatin hilir mudik kereta api. Bahkan percaya atau gak, dulu gue pun sempet bercita2 pengen jadi masinis kereta api, alesannya? Yah karena gue pikir enak aja, tiap hari kerjanya jalan2 terus! Hahaha.. x))
Lain dulu, lain sekarang. Awal mula akhirnya mulai rajin traveling, mungkin selepas gue menjadi ketua panitia salah satu event besar di kampus, namaya Symphonesia: Symphony of Indonesia. Gue nggak akan cerita apa itu Symphonesia disini yah, hehe.. tapi yang pasti, Symphonesia itu merupakan salah satu pencapaian terbesar dalam hidup gue (so far), yang ‘menuntun’ gue untuk menemukan passion dalam hidup, salah satunya ya traveling.
Entah karena ‘stress’ atau apa, yang ada di pikiran gue selepas ngadain Symphonesia cuma satu: pengen liburan! Hahaha.. Symphonesia itu acara besar, butuh biaya yang sangat besar, dan juga melibatkan orang dalam jumlah besar. Bukan cuma gue, hakul yakin pasti semua panitia yang terlibat juga stress dibuatnya! Anyway, gak akan bosen2 gue bilang terima kasih banyak (buat seluruh panitia). Berkat niat dan kerja keras kita semua, Symphonesia berlangsung sukses bahkan jadi annualy event sampe sekarang! Hohoho.. xD
Motoran ke Ciwidey
Stress, butuh liburan, tapi gak punya duit. Sebagai mahasiswa, gak abis akal donk! Modal pinjem motor sama temen, gue nekat pergi ke Ciwidey (dan yang punya gak tau kalo motornya gue pinjem buat ke Ciwidey, hahaha..). Getaway singkat ternyata gak cukup buat jadi obat, gue masih pengen liburan! Abis dari Ciwidey, kebetulan orang rumah ngajakin mudik. Well, ibarat sambil nyelem minum air, bukannya mudik yang ada gue malah ngabur ke Jogja! Karena kampung gue juga deket dari Jogja (Kebumen –red). Gue ke Jogja sendirian, sementara keluarga yang lain tetep di kampung. Selama di Jogja, gue numpang di kontrakan temen SMA yang kuliah di sana. Cuma bermodal duit Rp 300 ribu, gue menghabiskan 3 hari di akhir tahun 2008 dengan penuh petualangan! Mulai dari nyasar ke rumah Alm. Mbah Maridjan, digodain om2, sampe pesta tahun baruan di bunderan UGM. I’ll tell you all these stories later yah! xD
Orang bilang traveling itu candu, can’t agree more sih. Sejak saat itu gue jadi makin suka traveling, durasi-nya semakin rutin seiring rasa penasaran gue yang emang selalu haus akan tantangan. Jelajah tempat2 baru, kenal temen2 baru, bahkan beberapa kali ikut ekspedisi dan juga sempet jadi admin salah satu komunitas traveling. I just feel alive! Anytime kalo ada waktu (dan duit tentunya) pasti gue gunakan buat traveling, sampe sekarang. Bisa dikatakan hampir tiap bulan gue pasti traveling, kalo gak? Bisa sakaw! x))
The point is, kalo dulu gue gak nekat pinjem motor temen buat ke Ciwidey, mungkin sampe sekarang gue gak akan hobi traveling. Kalo misal gue gak ngabur ke Jogja pas mudik sekeluarga, yah mungkin sampe sekarang gue cuma jadi ‘anak kota’ yang gak tau betapa indahnya Indonesia hingga pelosok Papua. Yup, semua karena modal nekad.
Sebagian besar orang pasti pengen traveling, sayang banyak ‘tapi’-nya. Tapi takut gak ada duit lah, tapi takut sendirian lah, tapi takut nyasar lah dan tapi2 yang lainnya. Kalo kebanyakan ‘tapi’, terus kapan jalan-nya? Segala sesuatu itu gak cukup cuma dengan ‘pengen’! Kalo mau, kalo butuh, ya lakukan. Just do it! Jangan kebanyakan mikir, kalo ujungnya malah gak menghasilkan apapun. Baca quote dari Mark Twain yang gue kutip di atas kan? See, jangan bilang gak bisa kalo belom mencoba. Let’s traveling! xD

1 comment: