Social Icons

Pages

Thursday, May 2, 2013

Gue Gak Mau Rugi!

Keceriaan bersama bocah bocah Lamalera

“Jangan kelamaan nyasar, itung umur loe berapa.. Nanti baru sadar pas udah ketinggalan jauh.. Gue pikir loe dari dulu jalan kemana2 sambil mikir dan bikin plan, kalo ternyata jalan2nya gak menghasilkan apapun.. Merugilah..” ~ Bentara Bumi
Pernah ditabok pake balok? Gue juga belom sih. Pasti sakit banget emang, dan kurang lebih itulah yang gue rasain pas baru banget bangun tidur lalu baca chat terakhir dari senior gue, Teh Bumi. Menohok, dalem tapi penuh makna! Hahaha.. Sometimes words mean more than what is set down on paper, dan apakah gue marah? Gak sama sekali. Justru gue sangat2 berterima kasih, karena berkat kata2 dia itu akhirnya gue mikir dan memutuskan untuk kembali membuka diri lagi setelah lebih dari 1,5 bulan off dari pergaulan baik di dunia maya maupun di dunia nyata.. :)
Setiap orang pasti punya masalah, dan bagaimana cara mereka menyikapi masalah tersebut juga berbeda2, termasuk gue. I won’t tell you what was happened in last few months, but it’s totally change me. Change me in every single part of my life, my family even my future.
Hidup itu pilihan masbro, choose a life of no regrets! Mau serumit dan seberat apapun masalah dalam hidup loe, nikmatin aja. Itulah seni-nya hidup, bukan? Ambil sisi positif dari setiap kejadian dan jadikan pelajaran, gak gampang emang dan butuh proses. Dan lagi2 waktu yang dibutuhkan setiap orang untuk lolos dari proses tersebut juga beda2, ada yang cepet ada juga yang lelet, tertatih2 bahkan sampe perlu ‘ditabok pake balok’ berkali2 kayak gue, hah! Even that process still happen until now. :|
Lalu pertanyaannya, mau sampe kapan? Seperti kata Teh Bumi, emang selama ini gue kemana? Apa sih yang gue cari? Dari pelosok Jakarta sampe Raja Ampat di Papua udah gue jelajahi, lalu apa hasilnya? Apa yang bisa gue banggakan? Apa yang bisa gue ambil paling gak untuk ngebantu gue mempercepat proses itu? Yeah, bener.. Gue terlalu lama nyasar!
Traveling is personal thing emang, sah2 aja kalo ada orang yang bilang “Gue traveling yah buat seneng2!” atau ada juga yang memaknainya lebih dari itu. Kalo gue? Bagi gue traveling itu seperti kuliah, bukan sekedar kewajiban tapi kebutuhan. Sama2 mengajarkan banyak hal, cuma bedanya traveling bukan kuliah formal yang selesai setelah kita mendapat gelar kesarjanaan, it’s more than that. Seorang sarjana memiliki tanggung jawab moral untuk menerapan ilmu yang dia miliki kepada masyarakat, kalo gue menganalogikan traveling sebagai kuliah lalu apa yang bisa gue terapkan? Gak usah jauh2 deh, paling gak untuk diri gue sendiri, untuk kehidupan gue, saat ini.
Apa yang bisa gue hasilkan? Selama ini abis traveling paling banter gue posting foto2 di facebook dan ngetweet, padahal gue punya modal untuk melakukan lebih dari itu, yang lebih berguna dan lebih bisa gue banggakan bukan cuma untuk diri gue sendiri tapi bermanfaat juga buat orang lain. Well, jujur kadang gue suka iri sama orang2 yang bisa ‘menghasilkan’ sesuatu dari traveling, Mba Trinity misalnya. She’s my inspiration, gue selalu kagum sama dia. Umur gak menjadi halangan bahkan untuk keliling dunia! So, how about me? I’m (not yet) 25 years old dan gue masih punya lebih banyak kesempatan.
Kalo orang kuliah ‘menghasilkan’ skirpsi sebagi sebuah hasil karya, dari traveling gue juga pengen menghasilkan suatu karya. Banyak peluang udah terbuang, enough! Karena gue gak mau rugi! Untuk yang kesekian kali.. :)
PS: Thanks to you for whatever you’ve done, MS.

No comments:

Post a Comment