Social Icons

Pages

Thursday, May 2, 2013

Sakaw Laut, Riwayatmu Kini

Sekitar 2,5 tahun yang lalu, gue sama sobat gue Mas Antho sempet punya proyek kecil2an. Bikin sebuah trip organizer yang bisa memfasilitasi temen2 kita yang pengen traveling ke tempat2 keren di Indonesia, dengan nyaman tapi hemat biaya. Ide awalnya sebenernya sederhana, berawal dari hobi kita yang emang suka jalan, nah setiap abis pulang dari suatu tempat dan posting foto2 di facebook, kita paling sering tuh ditanyain “Co/nto itu dimana? Mau donk kesituuu.. Kapan2 kalo kesana lagi ajak2 yah, yang murah tapi jangan rempong!”.
“Murah tapi jangan rempong!” yup, sebagian besar temen2 kita atau bahkan mungkin kalian, gue yakin banyak banget yang pengen mengeksplore tempat2 keren di Indonesia, bener gak? Tapi kendalanya, antara mahal atau males rempong! Traveling di Indonesia itu emang susah2 gampang, susah transportasi dan akomodasi-nya (apalagi kalo ke daerah timur, beugh!) tapi sebenernya gampang aja kalo emang bener2 niat dan memiliki biaya yang mencukupi, iya kan? Hehehe.. xP
Bukan bermaksud men-judge nih, tapi sebagian besar mainstream orang Indonesia emang begitu, menganggap traveling di negeri sendiri lebih mahal dari pada kalo ke luar negeri. Tiket pesawat ke Sorong misalnya, bisa sama harganya kalo ke Tokyo. Belom lagi ditambah biaya buat sewa penginapan, guide, makan atau apalah yang intinya gak semudah dan semurah kalo kita ke luar negeri. Sebagai contoh, dengan bermodal duit Rp 2 juta kalian bisa aja keliling Singapore, Malaysia atau mungkin Thailand sampe bosen! Coba kalo di Indonesia? Yah paling2 cuma bisa ke Bali atau Lombok, mending ke luar negeri donk? Toh gengsi-nya juga lebih gede, iya kan? Hehehe.. Intinya sih kalo mau murah traveling di sini mau gak mau yah loe harus siap2 rempong, nge-backpack misalnya? Tapi kalo mau nyaman, loe harus siapin banyak biaya. Padahal, gak begitu juga koq! x)
Nah, berbekal pengalaman dan ‘bakat’ kita berdua yang sering banget diminta jadi trip leader (sombong dikit boleh donk? xP), plus saran serta request dari temen2 tadi, maka dibentuklah Sakaw Laut. Nama Sakaw Laut sendiri sebenernya terinspirasi dari celetukan2 kecil yang biasa gue, Mas Antho dan salah satu temen ngetrip bareng, Dee yang suka bilang “Sakaw Laut!” kalo lagi kalap pengen banget ngelaut (snorkeling –red). Yup, kita bertiga emang doyan banget ke laut! We prefer to choose the sea than mountain or other cultural attractions while traveling. Bukannya gak suka gunung, candi atau situs budaya lain, cuma aja kita emang ngerasa lebih nyaman dan santai kalo berada di laut, toh every traveler has their own preferences kan kemana dia menentukan tujuan perjalanannya?

Lewat Sakaw Laut, kita coba arrange beberapa trip. Mulai dari yang low budget kayak ke Kepulauan Seribu, sampe yang high cost seperti ke Raja Ampat. Semua kita yang atur, gimana caranya bisa bawa temen2 ke tempat2 itu dengan murah tapi nyaman, dengan prinsip budget yang temen2 keluarin harus worthed dan sebisa mungkin jauh lebih murah dari biaya yang harus mereka bayar kalo misalnya ikut tour or travel agent, tanpa maksud untuk profit oriented semata. Sebagian besar trip yang kita buat pun biasanya by request, yah karena pada males rempong dan ngurus ini itu tadi. Atau sering juga personal trip yang sebenernya udah gue dan Mas Antho rencanain, tapi ternyata banyak temen2 yang juga pengen ikutan. Like I said before, because of what they see in our pictures makes them wanna be there too. So, hampir tiap hari ‘diteror’ terus deh kita, “next trip mau kemana lagi? ikut!”xP
Sayangnya sekarang Sakaw Laut udah gak eksis lagi, padahal dulu kita sempet bikin fan page di facebook, twitter account, email contact bahkan blog, yup! Blog. Blog inilah yang tadinya kita pake untuk mem-publish trip2 yang dibuat Sakaw Laut. Berhubung kesibukan gue dan Mas Antho, semua akun sosial media tadi pun jadinya gak keurus. Fan page gak ada update-an, apalagi twitter yang dari awal bikin sampe sekarang jumlah followers-nya juga gak nambah2, blog? Hmm.. postingan terakhirnya aja gak tau kapan! Hehehe..
Entah ngerasa sayang atau apa, makanya gue memutuskan untuk menggunakan blog ini sebagai blog pribadi. Tenang, isinya juga gak akan jauh2 dari urusan traveling dan trip yang udah dan akan gue jalanin koq, jadi buat kalian yang udah terlanjur follows gak usah khawatir, you still can update trip2 yang gue rencanain, plus beberapa postingan soal traveling di blog pribdi gue yang lama (riccosuhardian.blogspot.com) juga akan gue pindah kesini! Untuk twitter pun demikian, mulai sekarang gue akan menggunakan username @SakawLaut, gak lagi personal name gue @riccosuhardian yang kepanjangan! Sayang euy ngabisin jatah 140 karakter tulisan di twitter, tul gak?
Nama Sakaw Laut itu emang 'catchy' banget menurut gue, jadi cocok buat dijadikan username or blog address di sosial media, makanya sayang aja kalo terlantar dan gak keurus kan? Mending gue yang pake, dan alhamdulillah sih Mas Antho juga gak keberatan. So, here I am! Ricco Suhardian, a passionate traveler integrated with new username: @SakawLaut!
Cheers! xD

No comments:

Post a Comment